Widget HTML Atas

Bunda Wajib Tahu! Ini Tips Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Digital

Era digital saat ini sudah mencakup banyak aspek, termasuk pendidikan. Digitalisasi Pendidikan tidak hanya membawa banyak hal positif, namun juga tantangan yang berpotensi mengganggu proses pendidikan anak sehingga peran semua pihak untuk mengawasi pendidikan anak sangatlah penting.

 

Photo by Pavel Danilyuk:

https://www.pexels.com/photo/woman-using-a-laptop-with-her-daughter-7055153/        

 

Apabila digitalisasi pendidikan dimanfaatkan dengan baik, maka akan tercipta generasi dengan pendidikan yang maju. Namun sebaliknya, jika digitalisasi pendidikan gagal untuk dimanfaatkan dengan baik maka akan beresiko menghambat perkembangan pendidikan pada anak. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk bersiap mengambil peluang dan mengatasi tantangan pendidikan di era digital.

 

Lalu apa saja yang menjadi peluang pendidikan di era digital? Apa tantangan yang mungkin muncul dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Peluang Pendidikan di Era Digital

Digitalisasi pendidikan memiliki sejumlah peluang, diantaranya:

 

  1. Meningkatkan Pengalaman Pembelajaran

Peluang yang pertama adalah memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk meningkatkan pengalaman belajar. Penggunaan teknologi menawarkan berbagai media pembelajaran berbasis digital agar pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik semakin berkembang.

 

  1. Membuat Aktivitas Belajar Menjadi Inovatif dan Kolaboratif

Berikutnya adalah membuat aktivitas belajar menjadi inovatif dan kolaboratif. Pembelajaran berbasis digital ini akan meningkatkan daya tarik dan motivasi belajar peserta didik, karena dapat menyesuaikan metode belajar di kelas yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dapat meningkatkan aspek keterampilan mereka, seperti kemampuan inovasi dan kolaborasi dengan bantuan teknologi dalam menyelesaikan masalah.

 

  1. Menyediakan Akses Informasi yang Luas

Terakhir adalah teknologi menyediakan peluang untuk mengakses informasi secara luas dan tidak terbatas. Kemudahan ini tentunya dapat membantu pendidik dan peserta didik untuk memperoleh informasi dengan mudah, cepat, dan akurat. Pendidik dan peserta didik akan lebih mudah dalam memperkaya pengetahuan dan wawasannya karena didukung dengan kemudahan akses informasi pada era digitalisasi pendidikan seperti sekarang ini.

Tantangan Pendidikan di Era Digital

Selain terdapat peluang, pendidikan di era digital juga membawa tantangan yang tidak bisa dianggap sepele. Tantangan tersebut diantaranya:

 

  1. Keamanan Data

Tantangan pertama adalah keamanan data dan privasi dari ancaman cybercrime. Keamanan data menjadi salah satu tantangan yang serius karena masih minimnya literasi digital masyarakat Indonesia, terlebih pada anak-anak yang masih sangat rentan. Alhasil, mereka sangat berpotensi menjadi korban cybercrime, yang diantaranya dapat berupa hoax, cyber bullying, kekerasan dunia maya, pencurian data, dan sebagainya.

 

  1. Pengawasan yang Sulit

Berikutnya adalah sulitnya melakukan pengawasan penggunaan teknologi dalam belajar. Kemudahan informasi membuat anak dapat mencari informasi apapun tanpa mengenal waktu. Dalam konteks pendidikan, kurangnya pengawasan dalam penggunaan teknologi bisa menyebabkan anak melakukan tindak kecurangan seperti mencontek atau melakukan plagiarisme.

 

  1. Keterampilan Digital dan Aksesibilitas Teknologi

Terakhir adalah masih minimnya keterampilan digital dari orang-orang yang terlibat dalam proses pendidikan, terutama pendidik. Salah satu faktor penyebabnya adalah rentang usia para pendidik yang membuat mereka tidak familiar dengan teknologi sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi dalam proses pendidikan.

Selain itu, aksesibilitas teknologi juga masih cukup terbatas. Meskipun perkembangan digitalisasi pendidikan sudah semakin pesat, pemerataan teknologi masih menjadi tantangan nyata karena masih terdapat daerah yang kesulitan untuk mendapatkan akses ke teknologi seperti internet dan perangkat penunjang pendidikan lainnya.

 

Tips Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Digital

Setelah mengetahui peluang dan tantangan dari penerapan teknologi dalam pendidikan, maka Bunda harus mengetahui kiat untuk membantu anak dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital seperti sekarang ini..

 

Photo by Ketut Subiyanto:

https://www.pexels.com/photo/cheerful-girl-hugging-mother-with-laptop-4473889/ 

 

Berikut adalah tips menghadapi tantangan pendidikan era digital yang sudah kami rangkum untuk Bunda:

 

  1. Meningkatkan Keterampilan Digital

Peningkatan keterampilan digital adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan, tidak hanya oleh guru di sekolah tetapi juga oleh Bunda di rumah. Bunda wajib mengasah keterampilan pada bidang teknologi agar dapat menerapkan cara belajar yang efektif dengan memanfaatkan teknologi dan membuat anak menjadi terampil dalam menggunakan teknologi dengan tujuan meningkatkan pendidikan.

 

 

  1. Mengajarkan Keamanan Data dan Penggunaan Media Digital Secara Tepat

Berikutnya adalah mengajarkan anak untuk menjaga keamanan data dan mengarahkan penggunaan teknologi secara tepat. Bunda harus memastikan agar anak tidak mengunggah data-data pribadi yang bersifat privasi di dunia digital, utamanya sosial media.

 

Selain itu, Bunda juga harus mengajarkan anak untuk segera menutup browser dan melaporkan kepada orang tua jika melihat konten negatif dan konten-konten yang tidak sesuai dengan usia mereka. Lebih lanjut, Bunda bisa mengarahkan anak untuk mengakses informasi positif dan hal tersebut dapat dilakukan langsung bersama dengan anak agar lebih mudah dimengerti.

 

  1. Mengawasi Kegiatan Anak di Dunia Digital

Selanjutnya adalah mengawasi kegiatan anak di dunia digital. Bunda dapat menelusuri riwayat situs-situs yang dikunjungi oleh anak. Pastikan anak-anak tidak mengunjungi situs-situs negatif dan arahkan mereka untuk mengunjungi laman website yang memiliki nilai edukasi.

 

  1. Menjaga Keseimbangan Aktivitas di Dunia Nyata dan Dunia Digital

Terakhir adalah peran aktif Bunda untuk menyeimbangkan aktivitas anak di dunia digital dan dunia nyata. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika berlama-lama di dunia digital, anak bisa kecanduan dan tidak memiliki minat untuk berinteraksi di dunia nyata. Oleh karena itu, Bunda wajib untuk mengimbanginya dengan memperkenalkan aktivitas lain di dunia nyata, seperti olahraga, berkebun, dan sebagainya.

 

Sekian ulasan tentang digitalisasi pendidikan dan tips bagi Bunda untuk membantu anak dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Terus ikuti perkembangan informasi dari kami agar Bunda tidak ketinggalan update informasi menarik seputar pendidikan dan parenting.

Tidak ada komentar untuk "Bunda Wajib Tahu! Ini Tips Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Digital"