Widget HTML Atas

Tips Jitu Menemukan Passion Anak Lewat Pendidikan

Passion adalah sebuah hal yang tidak bisa dilepaskan dari proses perkembangan anak. Menemukan passion anak bukan hanya menjadi tugas anak sendiri maupun guru di sekolah, tapi juga menjadi tugas bagi orang untuk membantu menemukannya.

 


Photo by school projects:

https://www.pexels.com/photo/two-children-reading-in-a-classroom-18650478/      

 

Mengenali passion sejak dini merupakan hal yang sangat penting karena hal tersebut dapat membantu anak dalam mengembangkan nilai-nilai positif yang ada dalam dirinya. Lalu apa sebenarnya passion itu? Bagaimana cara membantu anak menemukan passion mereka? Simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Passion

Berikut adalah beberapa definisi terkait passion yang sudah kami rangkum untuk Bunda:

 

  1. Pengertian Passion Secara Umum

Secara umum, passion bisa diartikan sebagai gairah besar yang dimiliki seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu. Aktivitas tersebut biasanya berkaitan dengan sesuatu yang sangat disukai atau dianggap sangat penting. Bahkan, biasanya seseorang yang mengejar passion rela mengorbankan segala daya dan upaya untuk mencapainya.

 

  1. Pengertian Passion Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian passion menurut pendapat ahli:

 

a.    Pertula

Menurut Pertula, passion adalah keadaan psikologis berupa perasaan emosional yang positif, dorongan kuat dari dalam diri, serta komitmen yang tinggi terhadap suatu kegiatan yang disukai dan dianggap bermakna oleh seseorang.

 

b.    Agustinus

Berikutnya adalah pengertian passion menurut Agustinus, dimana menurutnya passion merupakan semangat yang menggebu-gebu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Passion didorong oleh rasa cinta yang menimbulkan gairah sehingga memacu seseorang untuk mencapai tujuan serta keinginannya. Selain itu, seseorang juga siap untuk menderita demi mencapai tujuan tersebut.

 

c.    Gani dan Priambodo

Pengertian passion selanjutnya datang dari Gani dan Priambodo. Menurutnya, passion adalah keinginan atau gairah yang  kuat ketika seseorang yakin bahwa ia akan mencapai hasil  yang disukai olehnya.  Lebih lanjut, Gani dan Priambodo juga berpendapat bahwa orang yang tidak memiliki harapan, adalah orang-orang yang juga kehilangan gairah. Selain itu, passion tidak hanya tentang keinginan dan gairah, tapi juga mengacu pada keadaan pikiran.

 

d.    Vallerand dan Houlfard

Terakhir adalah pengertian passion menurut Vallerand dan Houlfard, yang menyebut bahwa passion kecenderungan kuat yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai.

 

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa passion adalah perasaan semangat luar biasa yang timbul saat seorang individu melakukan sesuatu, yang biasanya berkaitan erat dengan hal yang disukai.

Arti Penting Passion Bagi Anak

Pada dasarnya, jika melakukan aktivitas yang kita gemari, tentu kita tidak akan merasa bosan dan terbebani sehingga dapat memberikan dampak yang positif dan signifikan, terutama bagi diri sendiri. Sama halnya dengan anak, jika sudah menemukan passion-nya maka hal tersebut akan membantu anak memunculkan energi positif dari dalam dirinya.

 

Berikut adalah ulasan lebih lanjut tentang arti penting passion bagi anak:

 

 

  1. Membangun Karakter yang Kuat

Passion bisa membantu anak untuk memiliki karakter yang kuat. Hal ini dikarenakan jika anak melakukan sesuatu dengan semangat, dia akan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya. Anak akan menjadi lebih fokus pada tujuan yang ingin dicapai dan hal ini tentu saja mendorong ketekunan. Karakter ini membuat anak menjadi pribadi yang kuat dan teguh pendirian.

 

  1. Meningkatkan Kegembiraan Anak

Seseorang yang mengenali hasratnya tahu dengan jelas apa yang diinginkannya, sehingga apa yang dia lakukan sesuai dengan keinginannya dan dia merasakan kebahagiaan tersendiri. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki hasrat, dimana dia cenderung melakukan sesuatu bukan karena keinginannya sehingga tidak jarang hal tersebut membuatnya tidak bahagia.

 

Sama halnya dengan anak. Anak yang memiliki hasrat tentu memiliki kepuasan atas apa yang mereka lakukan. Anak akan menikmati setiap prosesnya, sehingga  anak merasa lebih bahagia karena apa yang dijalani sesuai dengan hasratnya.

 

  1. Membuat Anak Lebih Bersemangat

Memiliki passion dapat membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Melakukan aktivitas sesuai dengan hasrat dan keinginannya akan membuat anak merasa bersemangat dalam beraktivitas tanpa ada perasaan terbebani yang dapat merusak semangatnya dalam menjalani aktivitas.

 

  1. Membuat Anak Memiliki Sikap Pantang Menyerah

Perasaan bahagia dan semangat yang muncul karena memiliki passion akan mendorong anak untuk terus mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang  menghalangi passion mereka. Perasaan tersebutlah yang kemudian menjadi dasar bagi si anak untuk bersikap pantang menyerah demi passion yang dia miliki.

Tips Jitu Bunda Untuk Membantu Anak Menemukan Passion Lewat Pendidikan

Setelah mengetahui definisi passion and arti pentingnya bagi anak, berikutnya kita akan membahas mengenai tips bagi Bunda untuk membantu anak menemukan passion lewat pendidikan.

Photo by Oleksandr P: https://www.pexels.com/photo/boy-looking-on-a-tidied-desk-2781814/

 

Secara umum, Bunda dapat membantu anak menemukan passion dengan melakukan hal-hal berikut:

 

  1. Memberikan kesempatan bagi anak untuk melakukan eksplorasi.
  2. Terus mengamati aktivitas anak.
  3. Memastikan ketertarikan anak.
  4. Memberi support pada ketertarikan dan kekuatan anak.
  5. Menyesuaikan tugas yang diberikan dengan keinginan anak.
  6. Mengikuti apa yang diinginkan anak selama hal tersebut masih positif.

 

Secara spesifik terkait menemukan passion anak lewat pendidikan, poin-poin di atas dapat diterapkan sambil mendidik anak di rumah. Bunda harus memberi kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi bidang yang mereka sukai, agar anak mengetahui keinginan dan hasratnya apakah itu dalam hal akademis, seni, atau olahraga.

 

Selain membiarkan anak untuk melakukan eksplorasi, Bunda juga bisa berperan aktif dengan mengenalkan banyak hal baru pada anak. Sebagai contoh, Bunda bisa mengajarkan terkait olahraga tidak hanya melalui buku, tapi juga melalui praktik langsung. Setelah kita mengenalkan banyak hal pada anak, nantinya mereka akan menjadikan hal tersebut sebagai referensi saat sudah memiliki pemikiran sendiri. Mereka akan secara otomatis berpikir apa yang mereka benar-benar sukai dan bagaimana cara melakukan atau mendapatkannya.

 

Demikian pembahasan kami seputar passion dan bagaimana peran yang bisa Bunda ambil di rumah untuk membantu anak menemukan passion mereka, salah satunya lewat pendidikan. Terus ikuti perkembangan informasi dari kami agar Bunda tidak ketinggalan update informasi menarik seputar pendidikan dan parenting.

Tidak ada komentar untuk "Tips Jitu Menemukan Passion Anak Lewat Pendidikan"