Widget HTML Atas

Pendidikan Karakter Di Rumah; Pentingnya Peran Bunda Untuk Membentuk Etika Anak

Salah satu aspek pendidikan yang sangat penting dalam menentukan tumbuh kembang anak adalah pendidikan karakter.  Etika dan moral anak di masa depan sangat ditentukan oleh pendidikan karakter yang diterima anak sejak dini. Begitu pentingnya aspek pendidikan ini sehingga tidak bisa diabaikan.

 


Photo by Ketut Subiyanto:

https://www.pexels.com/photo/crop-cute-kids-playing-jenga-on-floor-at-home-4473562/     

 

Selain itu, pendidikan karakter tidak hanya harus disosialisasikan secara masif di berbagai institusi pendidikan, tapi juga harus ditanamkan sejak dini di rumah. Terlebih saat ini sudah memasuki era digital dimana akses informasi bisa diperoleh dengan mudah, sehingga pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk menghadapi pengaruh negatif di zaman modern seperti sekarang ini.

 

Berikut ulasan lengkap terkait pendidikan karakter dan peran yang bisa Bunda ambil di rumah untuk menguatkan pendidikan karakter anak di rumah.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter sangat erat kaitannya dengan proses pembentukan etika dan moral seseorang. Berikut adalah beberapa pengertian pendidikan karakter yang sudah kami rangkum untuk Bunda:

 

  1. Pendidikan Karakter Secara Umum

Pendidikan karakter adalah sebuah sistem pendidikan dengan tujuan menanamkan nilai-nilai karakter positif yang mana didalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

 

Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral yang bertujuan untuk membentuk karakter individu yang positif. Pembentukan tersebut dilakukan secara terus-menerus dalam rangka penyempurnaan diri untuk menuju ke arah hidup yang lebih baik.

 

  1. Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian pendidikan karakter menurut pendapat ahli:

 

a.    Thomas Lickona

Menurut Thomas Lickona, pendidikan karakter adalah upaya yang dilakukan secara sadar oleh seseorang untuk mendidik orang lain dengan menanamkan nilai-nilai karakter sebagai pencerahan bagi mereka.

 

Pendidikan karakter juga merupakan upaya kolektif yang digunakan sebagai landasan etis untuk bertindak. Dengan kata lain, pendidikan karakter mendorong seseorang untuk menunjukkan perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

b.    Kaimuddin

Dalam sebuah jurnal yang dirilis pada 2014 berjudul Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013, Kaimuddin menyatakan bahwa pendidikan karakter merupakan usaha sadar yang dilakukan secara terencana dan terarah melalui lingkungan pembelajaran untuk menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi manusia yang memiliki watak dan kepribadian baik, bermoral-berakhlak, dan memberikan efek positif-konstruktif bagi alam dan masyarakat.

 

c.    John W. Santrock

Pengertian berikutnya datang dari John W. Santrock. Menurutnya, pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menginternalisasi dan memberikan pelajaran mengenai nilai moral untuk mencegah perilaku yang dilarang.

 

d.    Ryan and Bohlin

Selanjutnya adalah pengertian pendidikan karakter menurut Ryan and Bohlin, yang menyatakan bahwa pendidikan karakter adalah proses pembentukan nilai secara konsisten, terstruktur, dan berkelanjutan dengan tujuan agar setiap individu mampu mengembangkan kepribadian yang baik.

 

e.    Berkowitz

Terakhir adalah pengertian pendidikan karakter menurut Berkowitz. Pendidikan karakter adalah proses belajar yang memberikan pengalaman bagi individu untuk menanamkan nilai-nilai moral dan bertindak dengan berlandaskan nilai-nilai tersebut.

 

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah upaya untuk menanamkan nilai moral dan kepribadian yang positif kepada setiap individu agar individu bisa bertindak berdasarkan nilai-nilai positif dan menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan karakter penting untuk ditanamkan kepada anak sejak dini.

Fungsi dan Manfaat Pendidikan Karakter Bagi Anak

Secara garis besar, fungsi dan manfaat pendidikan karakter bagi anak adalah sebagai berikut:

 


Photo by Ron Lach :

https://www.pexels.com/photo/a-girl-playing-with-wooden-building-blocks-with-words-9196727/

 

  1. Mengembangkan Potensi Dasar Anak

Pada dasarnya, setiap anak lahir dengan potensi dasar masing-masing. Potensi dasar tersebut harus dimaksimalkan sejak dini dan dibina melalui pendidikan karakter agar kelak si anak menjadi individu yang berpikiran positif, berhati baik, dan berperilaku baik.

  1. Memperkuat Nilai Moral

Pendidikan karakter memiliki fungsi untuk membantu anak dalam mengembangkan nilai-nilai moral yang penting dan mendasar seperti kejujuran, integritas, dan tanggung jawab. Apabila nilai-nilai moral tersebut berhasil diperkuat, maka kelak si anak akan selalu bertindak dengan integritas dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Membantu Menyelesaikan Masalah

Fungsi dan manfaat berikutnya adalah untuk membantu menyelesaikan masalah. Apabila memiliki pendidikan karakter yang baik, maka anak akan mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih matang. Anak akan belajar untuk mengendalikan emosi dan mengedepankan proses komunikasi yang baik guna mendapatkan solusi yang adil bagi semua pihak.

 

  1. Meningkatkan kinerja akademik

Selain pada kepribadian, pendidikan karakter juga memiliki manfaat bagi kemampuan akademik anak. Pendidikan karakter yang baik akan membantu anak memiliki nilai-nilai penting seperti disiplin, tekun, dan memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, sehingga tantangan akademik akan lebih mudah untuk diselesaikan oleh anak.

 

  1. Meningkatkan kualitas kepemimpinan

Terakhir, pendidikan karakter berfungsi untuk membantu anak agar kelak memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan bertanggung jawab. Jiwa kepemimpinan yang baik nantinya akan membantu anak untuk menjadi pemimpin yang adil dan bertanggung jawab. Hal ini tentunya akan membantu anak dalam mengambil inisiatif dan menjadi teladan yang baik bagi lingkungan sekitarnya.

Tujuan Pendidikan Karakter Bagi Anak

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat pendidikan karakter bagi anak, berikutnya kita akan membahas mengenai tujuan pendidikan karakter bagi anak yaitu sebagai berikut:

 

  1. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Tujuan pertama dari pendidikan karakter adalah meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan karakter pada tahap ini bertujuan untuk membentuk sifat anak yang tidak hanya berperilaku baik, tapi juga cerdas sehingga hasil pendidikan pun menjadi lebih berkualitas

 

  1. Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Bermoral

Tujuan mendasar dari pendidikan karakter adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bermoral. Hal ini berarti pendidikan karakter bertujuan untuk membantu anak agar kelak memiliki karakter mulia, kompeten, dan bermoral, sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya

 

  1. Membentuk Integritas dan Kemandirian

Terakhir, pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk integritas dalam diri anak.  Integritas yang dimaksud meliputi banyak aspek, seperti sikap tanggung jawab, keselarasan antara tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran, dan mampu untuk menghargai sesama.

 

Pendidikan Karakter Di Rumah, Pentingnya Peran Bunda

Seperti yang sudah diulas pada bagian sebelumnya, kita sudah mengetahui bersama bahwa pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Oleh karena itu, pendidikan karakter bukan hanya menjadi tanggung jawab institusi pendidikan saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab bagi orang tua.

 


Photo by Andrea Piacquadio:

https://www.pexels.com/photo/focused-students-doing-homework-at-home-3769995/

 

 

Berikut adalah beberapa peran yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk ikut andil dalam proses pendidikan karakter anak:

 

  1. Menunjukkan Keteladanan

Peran pertama dan yang paling utama adalah menunjukkan keteladanan. Bunda bisa menjadikan diri sebagai teladan yang baik bagi anak. Pendidikan karakter cukup bergantung pada hal ini, mengingat anak seringkali mempraktekkan apa yang dia dengar dan lihat. Apabila Bunda hanya memberikan perintah tanpa menunjukkan teladan yang baik, maka pendidikan karakter yang dijalani anak akan sulit membuahkan hasil positif.

 

  1. Menjalin Komunikasi Secara Efektif

Peran berikutnya adalah menjalin komunikasi yang efektif dengan anak. Bunda harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar anak lebih mudah untuk menerima pesannya. Selain itu, Bunda juga harus menjadi pendengar yang baik dan memberikan anak kesempatan untuk bicara. Cara ini akan mengajarkan anak untuk berempati dan menghargai sesama.

 

  1. Menjaga Konsistensi dan Kedisiplinan

Peran selanjutnya adalah menjaga konsistensi dan kedisiplinan. Bunda perlu membiasakan anak untuk disiplin dalam melakukan sesuatu sejak dini. Hal ini dapat diterapkan dengan membuat kesepakatan dengan anak agar anak dapat melakukannya tanpa beban dan penuh tanggung jawab. Dengan menerapkan hal tersebut, maka akan membiasakan anak untuk bersikap disiplin, konsisten, dan bertanggung jawab.

 

  1. Mengikuti Perkembangan Zaman

Berikutnya adalah Bunda harus mengikuti perkembangan zaman. Dengan mengikuti perkembangan zaman, maka Bunda bisa sekaligus menjaga anak dari pengaruh-pengaruh negatif di era modern seperti sekarang ini. Selain itu,  Bunda juga bisa mempelajari cara mendidik anak mengikuti perkembangan zaman agar pendidikan karakter yang nantinya diberikan relevan dengan situasi terkini.

 

  1. Menerapkan Sistem Hadiah dan Hukuman

Terakhir adalah menerapkan sistem hadiah dan hukuman. Hadiah yang dimaksud dapat berupa materil seperti mainan, maupun non-material seperti pujian dan ucapan terima kasih. Hadiah ini diberikan sebagai bentuk penghargaan saat anak bersikap baik.

 

Sebaliknya, hukuman dapat diberikan saat anak berbuat salah dan melanggar peraturan. Namun perlu dicatat bahwa hukuman yang diberikan tidak boleh berbentuk kekerasan dan harus membuat anak menjadi lebih baik kedepannya. Sistem ini diterapkan dengan harapan menjadikan anak memiliki integritas yang baik di masa mendatang.

 

Sekian ulasan kami seputar pendidikan karakter anak dan bagaimana peran yang bisa Bunda ambil di rumah untuk ikut serta memaksimalkan pendidikan karakter anak. Terus ikuti perkembangan informasi dari kami agar Bunda tidak ketinggalan update informasi menarik seputar pendidikan dan parenting.

Tidak ada komentar untuk "Pendidikan Karakter Di Rumah; Pentingnya Peran Bunda Untuk Membentuk Etika Anak"